Selasa, 25 Maret 2014

Psikodiagnostik: tes individu, populasi khusus, dan tes minat

Diposting oleh Endah Ayu Apriliana di 01.54
A. Tes Individu
tes individu adalah tes yang diberikan perorangan yaitu tester berhadapan dengan testee, mis. tes Rorschach, Stanford Binet Intelligence Test, Wechsler Bellevue Intelligence Scale, TAT, WAIS, WISC, dsb. Tes individual biasanya digunakan untuk asesmen individual mendalam, mis. klien klinis, pasien rumah sakit.

  • Stanford Binet ed. keempat (SB-IV)
    • penyelenggaraan tes
      • materi mencakup buku-buku kecil berisi kartu tercetak untuk presentasi
      • flip-over soal-soal tes
      • objek-objek tes (spt balok-balok, papan bentuk, manik-manik yang diberi bermacam warna dan bentuk) dan sebuah gambar besar boneka yang uniseks dan multietnik
      • buku catatan kecil untuk penguji guna mencatat dan memberi respon
      • pedoman untuk menyelenggarakan dan menskor skala
  • Skala Wechsler
  • Skala Kaufman
    • Kaufman Assessment Battery for Children (K-ABC)
      • fokusnya adalah pengolahan informasi. kumpulan tesnya mencakup pemrosesan simultan, pemrosesan berurutan, skala prestasi
    • Kaufman Adilescent and Adult Intelligence Test (KAIT)
      • dirancang untuk usia 11-85 tahun atau lebih tua
    • Kaufman Brief Intelligence Test (K-BIT)
      • dirancang untuk memperkirakan tingkat fungsi intelektual, untuk usia 4-90 tahun
      • terdiri dari satu subtes verbal (45 soal kosakata ekspresif dan 37 definisi) dan satu subtes nonverbal (48 matriks)
  • Skala Kemampuan diferensial
    • untuk mengukur kemampuan-kemampuan tertentu dengan realibitas memadai, membantu penilaian individual yaitu diagnosis diferensial dan perencanaan penanganan
  • DAS-Naglieri Cognitive Assessment System (CAS)
    • dirancang untuk mengukur fungsi-fungsi kognitif dasar yang dilibatkan dalam proses belajar, tetapi dianggap independen dari proses bersekolah
    • menggunakan tes verbal dan nonverbal yang disajikan melalui indra pendengaran dan penglihatan
B. Populasi Khusus
tes populasi khusus adalah tes-tes yang digunakan untuk mengukur dari sisi usia, dsb dan normal atau tidak normalnya seseorang. maksudnya tes ini dikembangkan untuk digunakan kepada orang yang tidak bisa diukur dengan cara yang biasa atau alat ukur tradisional, mis. seseorang yang memiliki pendengaran lebih tetapi memiliki kekurangan dibagian lain. contoh: tuna grahita, tuna netra, dsb.

  • Pengetesan bayi dan anak prasekolah
    • skala Bayley untuk perkembangan bayi
      • usia 1 bln dan 3,5 tahun Mental Scale, Motor Scale, Behaviour Rating Scale
        • mental scale: ketajaman sensorik dan perspektual, memori, proses belajar, pemecahan masalah, vokalisasi, permulaan komunikasi verbal, dan pemikiran abstrak yang mendasar
        • motor scale: melakukan pengukuran kemampuan motorik yang besar, misalnya duduk, berdiri, berjalan, dll
        • behaviour rating scale: dirancang untuk mengetahui perkembangan kepribadian seperti perilaku emosional dan sosial, rentang dan pembangkitan perhatian, ketekunan, dan keterarahan pada sasaran
    • skala-skala Piagetian
      • Skala-skala oridinal untuk bayi
      • Tugas-tugas yang dirancang untuk menilai pencapaian tahap-tahap pra-perasional,  
      • konkret operasional,  dan format operasional
  • penaksiran komprehensif atas orang-orang yang terbelakang secara mental
    • American Association on Mental Retardation (AAMR, 1992) meyatakan bahwa keterbelakangan mental mengacu pada keterbelakangan subtransial dalam fungsi yang ada sekarang. Keterbelakangan mental ini dicirikan pada fungsi intelektual yang jauh di bawah rata-rata, yang ada secara bersamaan dengan keterbatasan-keterbatasan terkait dalam dua atau lebih bidang-bidang keterampilan adaptif yang dapat diterapkan sebagai komunikasi, perhatian pada diri sendiri, kehidupan rumah, keterampilan sosial, penggunaan komunitas, pengarahan diri sendiri, kesehatan dan keamanan, hal-hal akademik fungsional, waktu luang dan kerja
    • Vineland Adaptive Behavior Scale (VABS) tersedia dalam 3 versi:
      • Edisi Wawancara; informasi diperoleh melalui wawancara semiterstruktur dengan orangtua atau pengasuh lain
      • Formulir Survey 297 soal; menyediakan dasar sistematis untuk mempersiapkan program pendidikan atau penanganan yang disesuaikan untuk individu
      • Edisi Kelas; kuesioner yang terdiri dari 244 soal yang harus diisi oleh guru kelas, usia 3-12 tahun
  • mengetes penyandang cacat jasmani
    • kerusakan pendengaran
      • Skala Wechsler digunakan dalam pengetesan tunarungu, kebanyakan tes verbal diselenggarakan jika pertanyaan-pertanyaan diketik pada kartu
      • WISC-R Perfomance Scale merupakan tes intelegensi yang digunakan secara luas untuk anak-anak yang mengalami kerusakan pendengaran
      • Hiskey-Nebraska Test of Learning Aptitude merupakan tes individual usia 3 sampai 17 tahun, digunakan pada anak-anak yang sulit mendengar. Pada tes ini kecematan dihilanglan karena anak tunarungu sulit menyampaikan gagasan
    • kerusakan penglihatan
      • Scholastic Assesment Test (SAT) tersedia dalam format tipe besar atau huruf braille
      • Blind Learning Aptitude Test (BLAT) merupakan tes yang diselenggarakan secara individual, yang memasukkan soal-soal yang diadaptasi daro tes-tes lain
      • Intellegence Tes for Visually Impaired Children (ITVIC) desain blok dalam kumpulan tes yang memasukkan berbagai suntes verbal dan nonverbal
    • kerusakan motorik
      • Kosakata Bergambar; tes ini memberikan ukuran cepat atas kosakata “penggunaan” yang membuat tes-tes itu dapat diterapkan, terutama pada orang-orang yang tidak mampu membuat vokalisasi dengan baik
      • Peabody Picture Vacabulary Test (PPVT); terdiri dari 175 piringan yang masing-masing terdiri dari empat gambar
      • Columbia Mental Maturity Scale (CMMS); digunakan pada anak dengan Cerbral Palsy, mencakup 92 soal, masing-masing terdiri dari satu perangkat yang memuat 3,4, atau 5 gambar berwarna yang dicetak pada sebuah kartu yang besar
      • Leither International Performance Scale & Porteus Mazes; penguji memanipulasi materi tes, sementara peserta memberikan respon hanya dengan gerakan kepala yang sesuai
Sekian. KEEP SPIRIT \(^O^)/


sumber:
Anastasi. A., dan Urbina S. (2007). Tes Psikologi (Psychological Testing, ed.7th). Jakarta: PT. Indeks
http://www.psychologymania.net/2010/05/psikotes-suatu-pengantar.html
http://www.psychologymania.com/2011/09/tes-grafis-sebagai-alat-psikodiagnostik.html
http://www.4shared.com/get/WIt46Mv7/tes-tes_untuk_populasi_khusus.html
http://sarahzelhas.blogspot.com/2012/03/tes-populasi-khusus-dan-tes-kelompok.html
http://pinkerbellady.blogspot.com/2012/03/tes-psikologi-dalam-populasi-khusus.html

0 komentar:

 

me with my little story Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review