Senin, 01 April 2013

Tugas rutin Psikognitif Part VI

Diposting oleh Endah Ayu Apriliana di 21.43
yapp! kali ini saya mau posting tugas rutin pertemuan ke-6, tanggal 1 April 2013. emm, pasti bingung deh mana bagian ke-3 sampe ke-5, hehe maaf ya buat mas seta, lagi sakit "males". tapi sesi kali ini gak tau kenapa masuk banget diotak walaupun gak banyak2 sih :p ntar ya mas, utang2 sebelumnya bakal saya ganti ( 'O')9
pagi hari dikasih kuis mendadak, ya walaupun boleh open book + browsing, tetep aja rasanya cetar membahana. detail kuisnya:
1. mengapa persepsi orang berbeda tetapi merasakan sensasi yg sama?
2. apakah usia mempengaruhi?
3. apa itu AWARE-ness?
4. jelaskan fenomena lupa.

langsung aja ya, jawaban yang saya tangkap:
1. karena indera setiap orang itu berbeda, selain itu banyak faktor yang lain diantaranya faktor internal (dari orang itu sendiri), faktor eksternal (ex: lingkungan, budaya, etc.), dan yang lebih penting adalah kognisi atau otak itu sendiri.
2. usia tidak mempengaruhi persepsi setiap orang, karena persepsi itu dipengaruhi oleh lingkungan, mood, harapan, minat dan faktor2 lain yang mendukung
3. kesadaran untuk mengetahui motivasi dan kepribadian kita
4. ada sangkut pautnya dengan demensia, yang mana istilah yang digunakan untuk menjelaskan penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan pada otak.

jika ditanya apa perbedaannya conciousness dengan AWARE-ness, itu hanya pemilihan kata, fisiologis, etimologi.

terus juga, mas seta nunjukin beberapa slide tentang brain region, information process, cone of learning, brain and human development, dan bloom's taxonomy. lalu juga ada tentang kebetulan.

menurut kalian, kebetulan itu ada gak sih? kalo dipikir2, emang buka blog ini karena kebetulan? jadi intinya TIDAK ADA kebetulan didunia ini, dan saya juga penganut orang yang tak percaya kebetulan. jadi pas kan? haha. didunia ini, yang ada sebab-akibat, jadi no kebetulan, ocree?

jam2 terakhir, ada kakak2 yg menambahkan tentang human information processing.
Human Information Processing, suatu proses bagaimana manusia meyimpan, mengintegrasikan, menggunakan dan mengambil informasi tersebut.
       perekaman (encoding) --> penyimpanan (storage) --> pemanggilan

biasanya orang mengingat data yang dekat2 terakhir, kurang lebih 20 detik. terus gak semua data nempel di long term, tetapi semua nempel di short term. data bisa ada di long term jika data tersebut diulang terus-menerus. kunci penting dalam memori jangka panjang: adanya motivasi yang cukup mendorong.

dengan perhatian (attention), dapat mencegah kelebihan informasi. dengan cara menyaring data-data yang relevan saja

lalu hikmah yang saya dapat hari ini bahwa belajar itu butuh mood yang happy, terus juga membutuhkan minat dan motivasi agar pelajaran yang kita tangkap lebih baik dan tidak hanya menempel di short term, tetapi long term.

makasih udah baca :))

1 komentar:

seta mengatakan...

Makiiin keren lay outnya..makin nyaman membacanya....go..go...

 

me with my little story Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review